09
Jan
12

Profil Dimitar ‘Berba-King’ Berbatov

Dimitar Berbatov atau dengan nama lengkap Dimitar Ivanov Berbatov adalah pesepakbola berkebangsaan Bulgaria. Pemain kelahiran 30 Januari 1981 ini lahir di kota Blagoevgrad. Berbatov sendiri adalah seorang pemain yang berposisi sebagai striker(penyerang) dengan tinggi 1.89 m. Dia dikenal sebagai penyerang yang haus gol dan insting menciptakan gol yang baik. Saat ini ia bermain di klub BPL yaitu Manchester United.

Berbatov memulai karier juniornya di klub lokal yaitu Pirin Blagoevgrad sebelum akhirnya bergabung di CSKA Sofia pada tahun 1998

Di CSKA Sofia ia bermain sebanyak 49 kali dengan menciptakan 26 gol. Pada tahun 2001, Berbatov dibawa ke Bayer Leverkusen. Di Bayer Leverkusen, Berbatov bermain selama 6 musim dengan menciptakan 75 gol. Berbatov pada saat itu sering dibangku cadangkan.

Kemudian pada tahun 2006, Berbatov datang ke Inggris setelah dibeli oleh klub Tottenham Hotspur dengan harga transfer sebesar 10.9 juta poundsterling yang membuat Ia menjadi pemain Bulgaria termahal sepanjang sejarah sepakbola di Bulgaria. Ia mencetak hat-trick pertamanya bersama Tottenham pada tanggal 27 Desember 2007  pada pertandingan melawan Reading yang dimenangkan Tottenham dengan skor 6 – 4

Kemudian pada tanggal 1 September 2008, Berbatov masuk Manchester United . Awal mulanya Manager Sir Alex Ferguson(SAF) membuat pernyataan bahwa dirinya akan membeli Berbatov yang dimuat di surat kabar. Hal ini ditentang oleh pihak Tottenham. Tetapi pada akhirnya, SAF memboyong Berbatov dari Tottenham dengan harga 30.75 juta poundsterling, hampir 3 kali lipat dari harga sebelumnya. Tottenham juga mengatakan bahwa Manchester City telah melakukan penawaran yang sama dengan MU, tetapi Berbatov lebih memilih bergabung dengan MU dengan kontrak selama 4 tahun.  Saat ini Dimitar masih berada di Berbatov dengan mengoleksi sekitar 55 gol dalam 144 penampilannya bersama MU. Musim 2011/2012 menjadi musim yang sulit bagi Berbatov dimana dirinya yang biasa berposisi sebagai starter tergantikan oleh penyerang muda lainnya, namun hal itu tidak menjadi penghalang dirinya untuk menunjukkan ketajamannya. Terbukti pada saat MU melawan Wigan Athletic , Berbatov menciptakan hat-trick pertamanya di musim 2011/2012.

Kariernya di Timnas Bulgaria cukup baik. Berbatov yang memulai debutnya pada tanggal 17 November 1998 saat umurnya masih 18 tahun. Ia merupakan pemain Bulgaria paling fenomenal dalam sejarah negara tersebut. Berbatov telah menjadi Player of the Year sebanyak 7 kali yaitu dari 2002,2004,2005,2007,2008,2009,dan 2010. Selama bermain 77 kali untuk Bulgaria, Berbatov telah menjaringkan 48 gol. Prestasi fantastis yang cukup fantastis. Sayang pada tahun 2011, Berbatov mengundurkan diri atau pensiun dari timnas dengan alasan dirinya sudah merasa lelah dan banyak cedera yang membekapnya, membuatnya tak mampu lagi bermain untuk timnas.

Fakta-fakta menarik dari Berbatov:

  1. Dimitar Ivanov Berbatov lahir di Blagoevgrad, Bulgaria pada tanggal 30 Januari 1981. Ia jelas memiliki gen  sebagai olahragawan. Margarita,ibunya adalah pemain bola tangan profesional dan ayahnya Ivan pemain sepakbola profesional bersama CSKA Sofia. Saudaranya Asen juga bermain di Bulgaria.
  2. Ketika bermain sepakbola saat anak-anak, dia selalu berpura-pura menjadi striker AC Milan Marco van Basten. Setelah Euro 96, Berbatov menjadi terobsesi dengan Alan Shearer. Dia diberi baju Newcastle bernomor 9 untuk ulang tahun ke-18, yang ia gunakan untuk tidur.
  3. Setelah memulai bermain bersama klub lokal, Pirin Blagoevgrad, ia dipantau oleh Dimitar Penev – manajer yang memimpin Bulgaria saat menjadi juara 3 di Piala Dunia 1994 – dan bergabung dengan CSKA Sofia saat berusia 17 tahun. Berbatov berbagi asrama dengan lima pemain lain ketika ia pertama kali tiba dan membuat debutnya bersama  CSKA Sofia dalam usia 18. Dia kemudian mencetak 14 gol dalam 27 pertandingan di musim pertamanya, dan memenangkan Piala Bulgaria.
  4. Sembilan gol dalam 11 pertandingan untuk Sofia pada 2000-01 membuatnya menarik Bayer Leverkusen, dan Berbatov akhirnya keluar negeri pada Januari 2001. Dia menderita kekecewaan tiga kali dalam tim ‘Neverkusen’  bersama dengan Michael Ballack yang berakhir sebagai runner-up di tiga kompetisi.
  5. Berbatov menampilkan sebuah permainan yang luar biasa bersama Leverkusen, dengan menciptakan 41 gol dalam 67 laga yang ia lakoni. Hal ini membuat Tottenham segera merekrutnya. Dengan harga 10.9 juta pounds, Berbatov kemudian berseragam Tottenham. Tetapi pada saat itu juga, Manager MU, Sir Alex Ferguson juga telah membuat perencanaan memboyong Berbatov untuk menggantikan van Nistelrooy.

Sumber : Wikipedia.com dan mirror.co.uk


0 Responses to “Profil Dimitar ‘Berba-King’ Berbatov”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: